fbpx

Follow Us :

Overview

Kantong di bawah mata berupa pembengkakan ringan di bawah mata. Mereka umum terjadi seiring bertambahnya usia dan jaringan di sekitar mata melemah, termasuk beberapa otot yang menopang kelopak mata. Lemak yang menopang mata dapat ikut menumpuk di kelopak mata bawah, sehingga membuat mata terlihat bengkak. Cairan juga bisa menumpuk di bawah mata. Kantong di bawah mata biasanya dapat di tutup menggunakan kosmetik dan jarang merupakan tanda kondisi serius. Pengobatan rumahan, seperti kompres dingin dapat membantu memperbaiki penampilan mata Anda. Untuk kantung mata yang mengganggu, operasi kelopak mata bisa menjadi pilihan Anda.

Penyebab dan Gejala

Penyebab

Kantung mata terjadi ketika struktur jaringan dan otot yang menopang kelopak mata Anda melemah. Kulit di sekitar mata Anda mungkin mulai melorot dan lemak yang biasanya ada di sekitar mata dapat berpindah ke area di bawah mata Anda. Selain itu, cairan dapat terkumpul di area di bawah mata Anda, membuat area tersebut terlihat bengkak atau bengkak. Beberapa faktor menyebabkan atau memperburuk efek ini, termasuk:

  • Penuaan
  • Retensi cairan, terutama setelah bangun tidur atau setelah makan asin
  • Kurang tidur
  • Alergi
  • Merokok
  • Bawaan genetik, Kantung di bawah mata dapat diturunkan dalam keluarga
  • Kondisi seperti dermatitis, dermatomiositis, penyakit ginjal, dan penyakit mata tiroid.

Gejala

Gejala kantung mata bisa termasuk:

  • Bengkak
  • Kulit yang kendur atau longgar
  • Lingkaran gelap di sekitar mata

 

Kapan harus ke dokter?

Anda mungkin tidak menyukai tampilannya, tetapi kantung di bawah mata biasanya tidak berbahaya dan tidak memerlukan perawatan medis. Temui penyedia layanan kesehatan jika Anda merasa kondisi tersebut menyebabkan masalah penglihatan, iritasi, atau sakit kepala atau disertai dengan ruam kulit.

Penyedia layanan kesehatan Anda akan memperhatikan juga kemungkinan penyebab lain yang dapat berkontribusi pada pembengkakan, seperti penyakit tiroid, infeksi, penyakit jaringan ikat atau alergi. Anda mungkin juga akan dirujuk ke penyedia layanan kesehatan yang berspesialisasi dalam mata (dokter mata), bedah plastik, atau bedah plastik mata (ahli bedah okuloplastik).

Perawatan

Kantong di bawah mata biasanya merupakan masalah kosmetik dan tidak memerlukan perhatian medis. Perawatan yang berhubungan dengan rumah dan gaya hidup dapat membantu mengurangi pembengkakan. Tetapi jika Anda khawatir tentang pembengkakan di bawah mata, tersedia perawatan medis dan bedah. Perawatan tersebut mungkin tidak ditanggung oleh asuransi kesehatan jika dilakukan semata-mata untuk memperbaiki penampilan Anda.

Komplikasi
Pencegahan
Hubungi Kami Disini!

Instagram MHDC GROUP