fbpx
Overview

Neurodermatitis adalah kondisi kulit yang diawali dengan bercak kulit yang gatal. Menggaruk malah membuatnya semakin gatal. Siklus gatal-garuk ini menyebabkan kulit yang terkena menjadi tebal dan kasar. Anda mungkin mengalami beberapa bintik gatal, biasanya di leher, pergelangan tangan, lengan bawah, kaki, atau daerah anus.

Neurodermatitis – juga dikenal sebagai Lichen Simplex Chronicus – tidak mengancam jiwa atau menular. Tapi rasa gatalnya bisa sangat intens dan berkepanjangan sehingga mengganggu tidur, fungsi seksual, dan kualitas hidup Anda.

Memutus siklus gatal-garuk adalah tantangan, dan Neurodermatitis biasanya merupakan kondisi seumur hidup. Keberhasilan pengobatan tergantung pada menahan keinginan untuk menggaruk daerah yang terkena. Obat bebas atau resep dapat membantu meringankan rasa gatal. Anda juga harus mengidentifikasi dan menghilangkan faktor-faktor yang mungkin memperparah masalah.

Penyebab dan Gejala

Penyebab

Sampai saat ini, penyebab neurodermatitis masih belum diketahui. Menggosok dan menggaruk terus-menerus yang menjadi ciri kondisi penyakit ini mungkin dimulai dengan sesuatu yang hanya mengiritasi kulit, seperti pakaian ketat atau gigitan serangga. Saat Anda menggosok atau menggaruk area tersebut, itu akan terasa lebih gatal. Semakin digaruk, semakin gatal.

Dalam beberapa kasus, neurodermatitis dikaitkan dengan kondisi kulit kronis - seperti kulit kering, eksim atau Psoriasis. Stres dan kecemasan juga bisa memicu rasa gatal.

Gejala

Tanda dan gejala neurodermatitis meliputi:

  •  Kulit yang terasa sangat gatal.
  • Tekstur kasar atau bersisik pada area yang terkena.
  • Bercak kasar atau menonjol yang berwarna merah atau lebih gelap dari bagian kulit lainnya.

Kondisi ini melibatkan area yang dapat dijangkau untuk menggaruk, yakni kepala, leher, pergelangan tangan, lengan bawah, pergelangan kaki, vulva, skrotum atau anus. Rasa gatal, yang bisa menjadi intens, bisa datang tanpa henti. Anda mungkin menggaruk karena kebiasaan dan juga ketika tidur.

Kapan harus ke dokter?

Temui dokter Anda jika:

  • Anda mendapati diri Anda berulang kali menggaruk bagian kulit yang sama
  • Gatal membuat Anda tidak bisa tidur atau fokus pada rutinitas harian Anda
  • Kulit Anda menjadi sakit atau terlihat terinfeksi.
Perawatan

Pengobatan ditujukan untuk mengendalikan rasa gatal, mencegah menggaruk, dan mengatasi penyebab yang mendasarinya.

  • Krim obat anti gatal. Jika krim kortikosteroid yang dijual bebas tidak membantu, dokter Anda mungkin akan meresepkan kortikosteroid yang lebih kuat atau produk anti-gatal nonsteroid. Salep penghambat kalsineurin (tacrolimus) dapat membantu jika vulva terlibat.
  • Suntikan kortikosteroid. Dokter Anda mungkin menyuntikkan kortikosteroid langsung ke kulit yang terkena untuk membantu menyembuhkannya.
  • Obat untuk meredakan gatal. Resep anti histamin membantu meredakan gatal pada banyak orang dengan Neurodermatitis. Beberapa obat ini dapat menyebabkan kantuk dan membantu mengurangi goresan saat Anda tidur.
  • Obat anti kecemasan. Karena kecemasan dan stres dapat memicu neurodermatitis, obat anti-kecemasan dapat membantu mencegah rasa gatal.
  • Terapi cahaya. Mengekspos kulit yang terkena ke jenis cahaya tertentu terkadang membantu.
  • Psikoterapi. Berbicara dengan konselor dapat membantu Anda mempelajari bagaimana emosi dan perilaku Anda dapat memicu atau mencegah gatal dan garukan.

Terapi yang muncul

Jika gatal Anda tetap ada meskipun sudah diobati, dokter Anda mungkin menyarankan pendekatan nontradisional. Misalnya, dalam penelitian kecil beberapa orang yang gejalanya tidak membaik dengan penggunaan kortikosteroid memang melaporkan keberhasilan dengan perawatan berikut:

  • Injeksi OnabotulinumtoxinA (Botox). Teknik ini dapat mengurangi rasa gatal dan menghilangkan bercak kulit yang kasar.
  • Obat oral untuk memudahkan dorongan untuk mengorek dan menggaruk. Obat oral yang disebut N-acetylcysteine ​​​​telah ditunjukkan dalam sebuah penelitian kecil untuk membantu beberapa orang dengan gangguan menggaruk dan mungkin membantu orang dengan Neurodermatitis.
Komplikasi

Menggaruk terus-menerus dapat menyebabkan luka, infeksi kulit bakteri, bekas luka permanen, atau bahkan perubahan warna kulit. Gatal Neurodermatitis dapat memengaruhi tidur, fungsi seksual, dan kualitas hidup Anda.

Pencegahan
Hubungi Kami Disini!

Instagram MHDC GROUP