fbpx
Overview

Q Fever atau Demam Q adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri Coxiella burnetii. Q Fever biasanya merupakan penyakit ringan dengan gejala mirip flu. Banyak orang tidak memiliki gejala sama sekali. Pada sebagian kecil orang, infeksi dapat muncul kembali bertahun-tahun kemudian. Bentuk demam Q yang lebih mematikan ini dapat merusak jantung, hati, otak, dan paru-paru Anda.

Demam Q ditularkan ke manusia oleh hewan, paling sering domba, kambing dan sapi. Ketika Anda menghirup partikel debu lumbung yang terkontaminasi oleh hewan yang terinfeksi, Anda mungkin akan terinfeksi. Pekerjaan berisiko tinggi termasuk pertanian, kedokteran hewan dan penelitian hewan.

Kasus ringan demam Q sembuh dengan cepat dengan pengobatan antibiotik. Tetapi jika demam Q kambuh, Anda mungkin perlu minum antibiotik setidaknya selama 18 bulan.

Penyebab dan Gejala

Penyebab

Demam Q disebabkan oleh bakteri Coxiella burnetii, umumnya ditemukan pada domba, kambing dan sapi. Bakteri ini juga dapat menginfeksi hewan peliharaan, termasuk kucing, anjing, dan kelinci.

Hewan-hewan ini menularkan bakteri melalui urin, feses, susu, dan produk persalinan mereka - seperti plasenta dan cairan ketuban. Saat zat ini mengering, bakteri di dalamnya menjadi bagian dari debu lumbung yang mengapung di udara. Infeksi biasanya ditularkan ke manusia melalui paru-paru, ketika manusia menghirup debu lumbung yang terkontaminasi.

Gejala

Banyak orang yang terinfeksi demam Q tidak pernah menunjukkan gejala. Jika Anda memiliki gejala, Anda mungkin akan melihatnya antara 3 sampai 30 hari setelah terpapar bakteri. Tanda dan gejala mungkin termasuk:

  • Demam tinggi, hingga 105 F (41 C)
  • Sakit kepala parah
  • Kelelahan
  • Panas dingin
  • Batuk
  • Mual
  • Muntah
  • Diare
  • Kepekaan terhadap cahaya
Perawatan

Demam Q diobati dengan antibiotik doksisiklin. Berapa lama Anda minum obat tergantung pada apakah Anda menderita demam Q akut atau kronis. Untuk infeksi akut, pengobatan antibiotik berlangsung dua sampai tiga minggu.

Orang yang menderita demam Q kronis biasanya harus mengonsumsi kombinasi antibiotik setidaknya selama 18 bulan. Bahkan setelah pengobatan demam Q kronis yang berhasil, Anda harus kembali untuk tes tindak lanjut selama bertahun-tahun jika infeksi kembali.

Kasus demam Q akut yang ringan atau tanpa gejala sering membaik tanpa pengobatan. Namun, jika Anda memiliki gejala demam Q atau jika Anda sedang hamil, pengobatan antibiotik dianjurkan. Rencana perawatan Anda mungkin berbeda jika Anda tidak dapat menggunakan doksisiklin.

Jika Anda menderita endokarditis demam Q, Anda mungkin memerlukan pembedahan untuk mengganti katup jantung yang rusak.

Komplikasi

Kekambuhan demam Q dapat memengaruhi jantung, hati, paru-paru, dan otak Anda, sehingga menimbulkan komplikasi serius, seperti:

  • Endokarditis. Penyakit ini berupa peradangan pada membran di dalam jantung Anda. Endokarditis dapat sangat merusak katup jantung Anda. Endokarditis adalah komplikasi demam Q yang paling mematikan.
  • Masalah paru-paru. Beberapa orang yang menderita demam Q mengembangkan pneumonia. Hal ini dapat menyebabkan gangguan pernapasan akut, keadaan darurat medis di mana Anda tidak mendapatkan cukup oksigen.
  • Masalah kehamilan. Demam Q kronis meningkatkan risiko keguguran, berat badan lahir rendah, dan kelahiran prematur.
  • Kerusakan hati. Beberapa orang yang menderita demam Q mengembangkan hepatitis, yakni penyakit peradangan hati yang mengganggu fungsinya.
  • Meningitis. Demam Q dapat menyebabkan meningitis, radang selaput yang mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang Anda.
Pencegahan

Vaksin demam Q telah dikembangkan di Australia untuk orang yang memiliki pekerjaan berisiko tinggi.

Apakah Anda berisiko tinggi mengalami demam Q atau tidak, penting untuk hanya menggunakan susu pasteurisasi dan produk susu pasteurisasi.

Hubungi Kami Disini!

Instagram MHDC GROUP