fbpx

Follow Us :

Overview

Sakit punggung adalah salah satu alasan paling umum orang mengunjungi dokter atau bolos kerja, dan hal itu merupakan salah satu penyebab utama kecacatan di seluruh dunia.

Untungnya, ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk mencegah atau meredakan sebagian besar nyeri punggung. Jika pencegahan yang telah dilakukan gagal, Anda dapat melakukan perawatan di rumah yang sederhana. Selain itu, penggunaan postur tubuh yang tepat seringkali dapat menyembuhkan sakit punggung Anda. Perawatan rumah juga dapat menjaga punggung Anda agar tetap berfungsi dengan baik dalam beberapa minggu. Pembedahan jarang diperlukan untuk mengobati sakit punggung.

Penyebab dan Gejala

Sebab

Nyeri punggung sering berkembang tanpa adanya penyebab yang dapat diidentifikasi oleh dokter Anda dengan tes atau studi penggambaran. Kondisi yang umumnya terkait dengan nyeri punggung meliputi:

  • Ketegangan otot atau ligamen. Mengangkat beban yang berat secara berulang atau gerakan yang tiba-tiba dan tidak biasa dapat membuat otot punggung dan ligamen tulang belakang tegang. Jika Anda dalam kondisi fisik yang buruk, tekanan konstan pada punggung Anda dapat menyebabkan kejang otot yang menyakitkan.
  • Disk yang menonjol atau rusak. Disk bertindak sebagai bantalan antara tulang di tulang belakang. Bahan lunak dalam disk tersebut dapat membengkak atau pecah dan menekan saraf. Namun, Anda dapat memiliki disk yang menonjol atau pecah tanpa sakit punggung. Penyakit disk sering ditemukan secara tidak sengaja saat melakukan rontgen tulang belakang karena beberapa alasan lain
  • Radang sendi. Osteoarthritis dapat mempengaruhi bagian bawah punggung Anda. Dalam beberapa kasus, radang sendi tulang belakang dapat menyebabkan penyempitan ruang di sekitar sumsum tulang belakang, suatu kondisi yang disebut stenosis tulang belakang.
  • Osteoporosis. Tulang dibagian tulang belakang Anda dapat mengalami patah tulang yang menyakitkan karena tulang Anda menjadi keropos dan rapuh.

Gejala

Nyeri punggung dapat berkisar dari nyeri otot hingga sensasi tertusuk atau terbakar. Rasa sakit juga dapat menyebar ke kaki Anda atau bertambah buruk saat Anda membungkuk, memutar, mengangkat, berdiri, atau berjalan.

 

Kapan harus ke dokter?

Sebagian besar nyeri punggung dapat berangsur-angsur membaik dengan perawatan di rumah biasanya dalam beberapa minggu. Hubungi dokter Anda jika sakit punggung Anda:

  • Bertahan selama beberapa minggu
  • Sangat parah dan tidak membaik dengan istirahat
  • Menyebar ke satu atau kedua kaki, terutama jika rasa sakit meluas di bawah lutut
  • Menyebabkan kelemahan, mati rasa atau kesemutan pada satu atau kedua kaki
  • Disertai dengan penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan

Dalam kasus yang jarang terjadi, nyeri punggung dapat menandakan masalah medis yang serius. Cari perawatan segera jika sakit punggung Anda:

  • Menyebabkan masalah baru seperti masalah usus atau kandung kemih
  • Disertai dengan demam
  • Diikuti dengan mudah jatuh, rasa pukulan di punggung atau cedera lainnya
Perawatan

Sebagian besar nyeri punggung membaik dalam waktu satu bulan setelah perawatan di rumah. Namun, setiap orang berbeda dan sakit punggung adalah kondisi medis yang kompleks. Bagi banyak orang, dibutuhkan beberapa bulan agar rasa sakitnya hilang, tetapi hanya sedikit yang mengalami rasa sakit yang intens dan terus-menerus.

Pereda nyeri yang dijual bebas dan penggunaan panas mungkin cukup. Istirahat di tempat tidur tidak dianjurkan.

Lanjutkan aktivitas Anda sebanyak mungkin. Cobalah aktivitas ringan seperti berjalan kaki dan aktivitas sehari-hari. Hentikan aktivitas yang meningkatkan nyeri, tetapi jangan menghindari aktivitas karena takut nyeri. Jika perawatan di rumah tidak berhasil setelah beberapa minggu, dokter Anda mungkin menyarankan obat yang lebih kuat atau terapi lain.

Komplikasi
Pencegahan

Anda dapat mencegah sakit punggung atau mencegahnya berulang dengan meningkatkan kebugaran dan mempelajari serta melatih postur tubuh yang tepat.

Untuk menjaga punggung tetap sehat dan kuat:

  • Berolahraga. Aktivitas aerobik berdampak rendah yang teratur, aktivitas yang tidak membuat tegang atau mengejutkan punggung, dapat meningkatkan kekuatan dan daya tahan punggung serta membantu otot bekerja lebih baik. Berjalan dan berenang adalah pilihan yang baik. Bicaralah dengan dokter Anda tentang kegiatan apa yang mungkin Anda coba.
  • Mengembangkan kekuatan dan fleksibilitas otot. Latihan perut dan punggung yang memperkuat tubuh Anda akan membantu mengkondisikan otot-otot Anda untuk bekerja sama seperti korset alami untuk punggung Anda.
  • Pertahankan berat badan yang sehat. Kelebihan berat badan memberikan tekanan pada otot punggung. Jika Anda kelebihan berat badan, menurunkan berat badan dapat mencegah sakit punggung.
  • Berhenti merokok. Merokok meningkatkan risiko nyeri punggung bagian bawah. Risiko meningkat dengan jumlah rokok yang dihisap per hari, jadi berhenti akan membantu mengurangi risiko ini.

Hindari gerakan yang memutar atau gerakan yang membuat punggung Anda tegang. Gunakan tubuh Anda dengan benar:

  • Jadilah cerdas. Jangan membungkuk. Pertahankan posisi panggul netral. Jika Anda harus berdiri dalam waktu lama, letakkan satu kaki di sandaran kaki yang rendah untuk melegakan punggung bagian bawah. Kaki alternatif. Postur tubuh yang baik dapat mengurangi stres pada otot punggung.
  • Duduklah dengan cerdas. Pilih kursi dengan penyangga punggung bawah yang baik, sandaran tangan dan alas putar. Menempatkan bantal atau handuk gulung di punggung bagian bawah dapat membantu mempertahankan lekuk tubuh yang normal. Jaga agar lutut dan pinggul Anda tetap horizontal. Ubah posisi secara teratur, setidaknya setiap setengah jam.
  • Cerdas dalam mengangkat beban. Jika memungkinkan, hindari mengangkat beban berat, tetapi jika Anda harus mengangkat sesuatu yang berat, biarkan kaki Anda yang bekerja. Jaga punggung Anda lurus, tanpa memutar, dan tekuk hanya di lutut. Jaga agar beban tetap dekat dengan tubuh Anda. Cari orang lain yang dapat membantu anda mengangkat jika benda itu berat atau tidak nyaman.
Hubungi Kami Disini!

Instagram MHDC GROUP