fbpx
Overview

Nekrolisis epidermal toksik atau dalam bahasa inggrisnya Toxic Epidermal Necrolysis (TEN) adalah reaksi kulit yang langka dan mengancam jiwa, biasanya disebabkan oleh obat. Ini adalah bentuk parah dari Stevens-Johnson Syndrome (SJS). Pada orang dengan SJS, TEN didiagnosis ketika lebih dari 30% permukaan kulit terpengaruh dan lapisan lembab tubuh (selaput lendir) mengalami kerusakan yang luas.

TEN adalah kondisi yang mengancam jiwa yang mempengaruhi orang-orang dari segala usia. Pasien dari penyakit ini biasanya dirawat di rumah sakit. Selain membuat kulit Anda sembuh, perawatan bertujuan untuk mengendalikan rasa sakit, merawat luka dan memastikan Anda mendapatkan cukup cairan. Pemulihan bisa memakan waktu berminggu-minggu hingga berbulan-bulan.

Jika kondisi Anda disebabkan oleh obat, Anda harus secara permanen menghindari obat itu dan yang terkait dengannya.

Penyebab dan Gejala

Penyebab

TEN biasanya disebabkan oleh reaksi kulit terhadap obat. Gejalanya cenderung mulai muncul satu hingga empat minggu setelah Anda mulai menggunakan obat baru.

Pemicu obat yang paling umum dari TEN termasuk antibiotik, obat epilepsi, obat sulfa, dan allopurinol (Aloprim, Zyloprim).

 

Gejala

Tanda dan gejala TEN meliputi:

  • Nyeri kulit yang meluas
  • Ruam yang menyebar menutupi lebih dari 30% tubuh
  • Lepuh dan area kulit mengelupas yang luas
  • Luka, pembengkakan dan pengerasan kulit pada selaput lendir, termasuk mulut, mata dan vagina

Kapan harus ke dokter?

Perawatan dini adalah kunci untuk pasien yang menderita TEN. Jika Anda memiliki gejala, segera cari pertolongan medis. Anda mungkin memerlukan perawatan dari spesialis kulit (dokter kulit) dan ahli lain di rumah sakit.

Perawatan

Jika dokter mencurigai bahwa TEN Anda disebabkan oleh obat yang Anda minum, Anda harus berhenti minum obat itu. Kemudian Anda kemungkinan akan dipindahkan ke rumah sakit untuk perawatan, mungkin di pusat luka bakar atau unit perawatan intensif. Pemulihan penuh bisa memakan waktu beberapa bulan.

Perawatan suportif

Perawatan utama untuk TEN adalah mencoba membuat Anda senyaman mungkin saat kulit Anda sembuh. Anda akan menerima perawatan suportif ini selama di rumah sakit. Pengobatan ini termasuk:

  • Penggantian cairan dan nutrisi. Karena kehilangan kulit dapat mengakibatkan hilangnya cairan dari tubuh, sangat penting untuk mengganti cairan dan elektrolit. Anda mungkin menerima cairan dan nutrisi melalui tabung yang dimasukkan ke dalam hidung dan dipandu ke perut (tabung nasogastrik).
  • Perawatan Luka. Tim perawatan kesehatan Anda dengan lembut akan membersihkan kulit yang terkena dan menerapkan pembalut khusus yang diresapi dengan petroleum jelly (Vaseline) atau obat-obatan. Tim perawatan Anda juga memantau Anda terkait kemungkinan infeksi dan memberi Anda antibiotik jika diperlukan.
  • Bantuan pernapasan. Anda mungkin memerlukan tes dan prosedur untuk mengevaluasi pernapasan Anda dan membantu menjaganya tetap bersih. Dengan penyakit lanjut, Anda mungkin memerlukan intubasi atau bantuan pernapasan mekanis (ventilasi).
  • Kontrol rasa sakit. Anda akan menerima obat pereda nyeri untuk mengurangi ketidaknyamanan Anda. Untuk rasa sakit di mulut, Anda mungkin akan diberikan obat kumur yang mengandung zat mati rasa, seperti lidokain.
  • Perawatan mata. Untuk gejala mata ringan, Anda mungkin mendapat manfaat dari mengoleskan air mata buatan bebas pengawet setidaknya empat kali sehari. Tetes mata dengan kortikosteroid dapat digunakan untuk mengontrol peradangan mata. Tim perawatan Anda mungkin termasuk spesialis mata (dokter mata).

Obat-obatan

Pengobatan TEN juga mungkin termasuk satu atau kombinasi obat yang mempengaruhi seluruh tubuh (obat sistemik), seperti siklosporin (Neoral, Sandimmune), etanercept (Enbrel) dan imunoglobulin intravena (IVIG). Studi lebih lanjut diperlukan untuk menentukan manfaatnya.

Komplikasi

Orang dengan risiko tertinggi komplikasi TEN adalah mereka yang berusia di atas 70 tahun dan mereka yang memiliki sirosis hati atau kanker yang menyebar (metastasis). Komplikasi TEN meliputi:

  • Infeksi darah (sepsis). Sepsis terjadi ketika bakteri dari infeksi memasuki aliran darah Anda dan menyebar ke seluruh tubuh Anda. Sepsis adalah kondisi yang berkembang pesat dan mengancam jiwa yang dapat menyebabkan syok dan kegagalan organ.
  • Gangguan pada paru-paru. Hal ini dapat menyebabkan batuk, kesulitan bernapas dan, dengan penyakit parah, gagal napas akut.
  • Gangguan penglihatan. TEN dapat menyebabkan masalah mata, seperti mata kering, bulu mata tumbuh ke dalam, jaringan parut pada kornea dan,  kebutaan.
  • Kerusakan kulit permanen. Setelah pulih dari TEN, kulit Anda mungkin memiliki benjolan, bekas luka, dan perubahan warna. Masalah kulit yang berkepanjangan dapat menyebabkan rambut Anda rontok, dan kuku jari tangan dan kaki Anda mungkin tidak tumbuh secara normal.
  • Luka vagina. Pada wanita, TEN dapat menyebabkan luka pada jaringan yang melapisi vagina, menyebabkan rasa sakit atau, jika tidak diobati, fusi vagina.
  • Tekanan emosional. Kondisi ini menyebabkan penderitaan dan dapat berdampak psikologis dalam jangka panjang.
Pencegahan

Untuk mencegah penyakit TEN, pelajari apakah itu disebabkan oleh obat. Jika demikian, jangan pernah minum obat itu atau sejenisnya. Kekambuhan bisa lebih buruk dan mengancam jiwa. Selain itu, beri informasikan juga kepada dokter tentang riwayat TEN Anda, dan kenakan gelang atau kalung peringatan medis dengan informasi tentang kondisi Anda.

Hubungi Kami Disini!

Instagram MHDC GROUP