fbpx
Overview

Umbilical Hernia atau bahasa indonesianya Hernia umbilikalis terjadi ketika bagian dari usus Anda menonjol melalui lubang di otot perut di dekat pusar Anda. Hernia umbilikalis sering terjadi dan biasanya tidak berbahaya.

Hernia umbilikalis paling sering terjadi pada bayi, tetapi juga dapat menyerang orang dewasa. Pada bayi, hernia umbilikalis dapat terlihat jelas ketika bayi menangis, menyebabkan pusar menonjol. Ini adalah tanda klasik hernia umbilikalis.

Hernia umbilikalis anak sering menutup dengan sendirinya dalam dua tahun pertama kehidupan, meskipun beberapa tetap terbuka hingga tahun kelima atau lebih. Hernia umbilikalis yang muncul selama masa dewasa lebih berpotensi membutuhkan operasi.

Penyebab dan Gejala

Penyebab

Selama kehamilan, tali pusar melewati lubang kecil di otot perut bayi. Lubang tersebut biasanya menutup setelah lahir. Jika otot tidak menyatu sepenuhnya di garis tengah dinding perut, hernia umbilikalis dapat muncul saat lahir atau di kemudian hari.

Pada orang dewasa, terlalu banyak tekanan perut berkontribusi terhadap hernia umbilikalis. Penyebab peningkatan tekanan di perut meliputi:

  • Kegemukan
  • Kehamilan ganda
  • Cairan di rongga perut
  • Operasi perut sebelumnya
  • Dialisis peritoneal jangka panjang untuk mengobati gagal ginjal

 

Gejala

Hernia umbilikalis menyebabkan pembengkakan atau tonjolan lunak di dekat pusar. Pada bayi yang menderita hernia umbilikalis, tonjolan tersebut mungkin hanya terlihat saat mereka menangis, batuk, atau mengejan.

Hernia umbilikalis pada anak-anak biasanya tidak menimbulkan rasa sakit. Hernia umbilikalis yang muncul saat dewasa dapat menyebabkan ketidaknyamanan perut.

Kapan harus ke dokter?

Jika Anda menduga bayi Anda menderita hernia umbilikalis, bicarakanlah segera dengan dokter bayi. Cari perawatan darurat jika bayi Anda menderita hernia umbilikalis dan:

  • Tampak kesakitan
  • Muntah-muntah
  • Memiliki nyeri ketika ditekan, bengkak atau perubahan warna di lokasi hernia

Pedoman serupa berlaku untuk orang dewasa. Bicarakan dengan dokter Anda jika Anda memiliki tonjolan di dekat pusar Anda. Cari perawatan darurat jika tonjolan menjadi nyeri atau lunak. Diagnosis dan pengobatan yang tepat dapat membantu mencegah komplikasi.

Perawatan

Sebagian besar hernia umbilikalis pada bayi menutup dengan sendirinya pada usia 1 atau 2 tahun. Dokter bahkan dapat mendorong tonjolan kembali ke perut selama pemeriksaan fisik. Namun, jangan mencoba melakukan ini sendiri.

Meskipun beberapa orang mengklaim hernia dapat diperbaiki dengan menempelkan koin di atas tonjolan, jangan coba hal ini. Menempatkan selotip atau benda di atas tonjolan tidak membantu dan kuman dapat menumpuk di bawah selotip, menyebabkan infeksi.

Untuk anak-anak, operasi biasanya dilakukan untuk hernia umbilikalis yang:

  • Menyakitkan
  • Diameternya sedikit lebih besar dari 1/4 hingga 3/4 inci (1 hingga 2 sentimeter)
  • Besar dan tidak berkurang ukurannya selama dua tahun pertama kelahiran
  • Tidak menghilang pada usia 5 tahun
  • Menyumbat usus

Untuk orang dewasa, pembedahan biasanya dianjurkan untuk menghindari kemungkinan komplikasi, terutama jika hernia umbilikalis membesar atau menjadi nyeri.

Selama operasi, sayatan kecil dibuat di dekat pusar. Jaringan hernia dikembalikan ke rongga perut, dan lubang di dinding perut dijahit tertutup. Pada orang dewasa, ahli bedah sering menggunakan jala untuk membantu memperkuat dinding perut.

Komplikasi

Untuk anak-anak, komplikasi hernia umbilikalis jarang terjadi. Komplikasi dapat terjadi ketika jaringan perut yang menonjol menjadi terperangkap dan tidak dapat didorong kembali ke dalam rongga perut. Ini mengurangi suplai darah ke bagian usus yang terperangkap dan dapat menyebabkan sakit perut serta kerusakan jaringan.

Jika bagian usus yang terperangkap benar-benar terputus dari suplai darah, hal tersebut dapat menyebabkan kematian jaringan. Infeksi dapat menyebar ke seluruh rongga perut, menyebabkan situasi yang mengancam jiwa.

Orang dewasa dengan hernia umbilikalis agak lebih mungkin mengalami penyumbatan usus. Operasi darurat biasanya diperlukan untuk mengobati komplikasi ini.

Pencegahan
Hubungi Kami Disini!

Instagram MHDC GROUP