fbpx

Mengenal Perawatan Akar Gigi

Bagikan :

perawatan akar gigi

Apabila Anda merasa gigi berlubang dan rasa sakit tiba-tiba muncul, mungkin saraf gigi Anda telah terinfeksi dan memerlukan perawatan akar gigi. Perawatan Akar Gigi atau disebut juga perawatan endodontik merupakan perawatan yang diberikan pada gigi dengan tujuan mempertahankan gigi asli di dalam mulut tanpa perlu pencabutan.

ilustrasi infeksi akar gigi
Gigi berlubang menyebabkan infeksi hingga ke saraf di dalam akar gigi (source)

Tanda dan Gejala Gigi Membutuhkan Perawatan Akar

Gejala yang dapat dirasakan adalah adanya lubang baik besar, kecil, ataupun bagian gigi yang patah. Kemudian hal ini diikuti oleh adanya rasa sakit khas yaitu rasa berdenyut (nyut-nyutan) meskipun gigi tidak sedang digunakan untuk makan atau minum, dan rasa sakit dapat menyebar hingga ke area gigi lain. Gejala lainnya juga dapat berupa gigi terasa panjang/mengganjal saat digunakan mengunyah, gusi sekitar gigi bengkak serta terasa goyang.

Mengapa perlu perawatan akar gigi sebelum ditambal?

Berkaitan dengan proses perjalanan penyakit akibat gigi berlubang atau patah, infeksi telah mencapai saraf gigi dan terjadi radang hingga kematian pada jaringan saraf gigi di dalam akar gigi. Jika tidak ditangani melalui perawatan akar gigi, infeksi akan berlanjut dari akar gigi hingga jaringan pada tulang rahang. Kondisi ini menimbulkan abses gigi (gusi bengkak), kista atau granuloma.

Rangkaian Perawatan

Setelah dokter gigi melakukan pemeriksaan secara komprehensif dan menentukan rencana perawatan, perawatan akar gigi dapat dimulai. Perawatan dimulai dengan Pembersihan jaringan karies (gigi berlubang), pembukaan kamar pulpa gigi, pengangkatan jaringan saraf gigi, pembersihan saluran akar gigi, pengisian saluran akar gigi untuk mencegah bakteri masuk ke dalam akar gigi, kemudian diakhiri dengan tahap restorasi gigi.

ilustrasi proses perawatan akar gigi
Salah satu tahap perawatan akar gigi yaitu pembersihan akar gigi (source)

Kunjungan

Kunjungan yang diperlukan untuk menyelesaikan perawatan akar gigi beragam, tergantung dari diagnosis, anatomi gigi, posisi gigi dan tingkat kesulitan kasus. Paling singkat, perawatan akar gigi dapat diselesaikan dalam satu kali kunjungan. Namun rata-rata membutuhkan 2 hingga 5 kali kunjungan hingga perawatan dianggap selesai.

Hal yang diperhatikan ketika kunjungan perawatan akar gigi 

Terkait dengan perawatan akar gigi yang memerlukan beberapa kunjungan, terdapat hal-hal yang perlu diperhatikan. Dokter gigi yang merawat akan memberikan informasi lebih detail terkait masing-masing perawatan. Namun, umumnya gigi yang sedang dirawat  dianjurkan untuk tidak digunakan makan dalam waktu 1 jam setelah perawatan, menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan sikat gigi 2 kali sehari pagi dan malam hari, tidak merokok dan konsumi alkohol untuk mendukung penyembuhan, mengonsumsi obat yang dianjurkan dokter sesuai instruksi dan kembali melanjutkan perawatan sesuai jadwal yang ditentukan hingga perawatan selesai.

Baca juga: Estimasi Biaya Perawatan Saluran Akar Gigi Lengkap

Mengembalikan Struktur Gigi

Setelah rangkaian prosedur perawatan  dilakukan oleh dokter gigi yang merawat Anda, tahapan terakhir adalah mengembalikan struktur gigi yang rusak agar kembali seperti semula atau disebut juga dengan restorasi gigi. Terdapat beberapa pilihan restorasi yaitu

  1. Restorasi dengan bahan sewarna gigi (resin komposit)
  2. Restorasi dengan onlay
  3. Restorasi dengan mahkota (crown)
  4. Restorasi dengan mahkota pasak (post-crown)

Pilihan restorasi tersebut tergantung pada struktur gigi sehat yang tersisa, beban tekanan kunyah gigi terkait dan beberapa hal lainnya, dokter gigi Anda akan menilai dan memberikan informasi mengenai urutan restorasi dari yang paling direkomendasikan hingga yang tidak direkomendasikan. 

ilustrasi sebelum dan setelah perawatan akar gigi
Sebelum (kiri), setelah (kanan) (source)

Jika Anda ingin memeriksakan gigi Anda dan berkonsultasi lebih lanjut, Anda bisa membuat reservasi dan mengunjungi cabang MHDC atau Medikids terdekat. Kamu juga bisa memanfaatkan benefit asuransi kamu di klinik MHDC, cek list asuransi berikut untuk tahu lebih lanjut. 

 

Ditulis oleh: drg. Prima Aliifah

 

Sumber: 

https://www.alodokter.com/hal-yang-perlu-diketahui-tentang-perawatan-saluran-akar-gigi 

https://www.aae.org/patients/root-canal-treatment/what-is-a-root-canal/root-canal-explained/#:~:text=How%20is%20a%20root%20canal%20done%3F&text=A%20root%20canal%20is%20performed,fills%20and%20seals%20the%20space

https://www.dentalcareoftulsa.com/services/restorative-dentistry/root-canal-therapy/ 

https://www.aae.org/patients/root-canal-treatment/what-is-a-root-canal/ 

https://www.drlinger.com/blog/root-canal-treatment 

https://kindfamilydentistry.com/dental-abscessed-requires-root-canal-treatment/

Instagram MHDC GROUP