fbpx

Apa Itu Abses Gigi? Penyebab, Gejala dan Penanganannya

Bagikan :

abses gigi

Apa Itu Abses Gigi

Abses gigi adalah kondisi medis yang terjadi ketika infeksi bakteri berkembang di sekitar akar gigi atau gusi. Infeksi ini menyebabkan penumpukan nanah yang terakumulasi di dalam jaringan yang terinfeksi. Abses gigi biasanya menyebabkan rasa sakit, pembengkakan, dan gejala lain di sekitar gigi yang terinfeksi.

Abses gigi dapat disebabkan oleh karies gigi yang tidak diobati, trauma pada gigi, infeksi gusi, atau tindakan gigi tertentu. Gejalanya bisa meliputi sakit gigi yang hebat, pembengkakan di area gigi, sensitivitas gigi terhadap panas dan dingin, rasa pahit di mulut, dan terkadang demam.

 

Penyebab Abses Gigi

Penyebab abses gigi umumnya terkait dengan infeksi bakteri pada gigi atau gusi. Infeksi ini bisa disebabkan oleh:

  1. Karies gigi: Jika lubang atau karies tidak diobati, bakteri dapat menembus ke lapisan dalam gigi, mencapai pulpa (pembuluh darah dan saraf gigi) dan menyebabkan infeksi.
  2. Gigi retak atau rusak: Keretakan atau kerusakan pada email gigi dapat memungkinkan bakteri untuk menembus dan menyebabkan infeksi di jaringan di sekitarnya.
  3. Gigi berlubang: Gigi berlubang (karies) dapat menjadi tempat bakteri berkembang biak.
  4. Trauma pada gigi: Cedera pada gigi, misalnya terkena benturan, bisa membuka akses bagi bakteri masuk dan menyebabkan infeksi.
  5. Gingivitis atau periodontitis: Infeksi gusi atau jaringan pendukung gigi juga dapat berkembang dan menyebar ke akar gigi.

Bakteri yang menumpuk di sekitar gigi dapat menyebabkan infeksi, dan jika tidak diobati, hal ini dapat berkembang menjadi abses gigi. Oleh karena itu, menjaga kebersihan mulut dan mengunjungi dokter gigi secara teratur sangat penting untuk mencegah abses gigi.

Gejala Abses Gigi

Gejala abses gigi bisa bervariasi tergantung pada tingkat keparahan infeksinya. Beberapa gejala yang umumnya terkait dengan abses gigi meliputi:

  1. Sakit gigi yang hebat: Nyeri yang parah di daerah gigi terinfeksi, bisa menjadi tanda utama abses gigi.
  2. Pembengkakan: Pembengkakan pada wajah, pipi, atau gusi di sekitar gigi yang terinfeksi.
  3. Sensitivitas: Sensitivitas terhadap suhu, terutama terhadap makanan atau minuman panas atau dingin.
  4. Nyeri saat mengunyah: Rasa sakit saat mengunyah makanan, terutama pada area yang terinfeksi.
  5. Panas dan demam: Suhu tubuh meningkat dan mungkin disertai gejala demam pada kasus yang lebih parah.
  6. Bau mulut yang tidak sedap: Infeksi gigi dapat menghasilkan bau mulut yang tidak sedap karena bakteri berkembang biak.
  7. Munculnya kelenjar getah bening yang bengkak: Pada beberapa kasus, kelenjar getah bening di leher dapat membengkak.

 

Cara Mengobati Abses Gigi

Penting untuk memahami bahwa pengobatan abses gigi sebaiknya dilakukan oleh dokter gigi atau profesional kesehatan yang berkualifikasi. Berikut beberapa metode pengobatan yang umum dilakukan:

  1. Drainase: Dokter gigi mungkin harus membuat sayatan kecil untuk mengeluarkan nanah dari abses gigi.
  2. Antibiotik: Dalam beberapa kasus, antibiotik mungkin diperlukan untuk membantu mengatasi infeksi. Namun, penggunaan antibiotik hanya boleh dilakukan sesuai resep dan rekomendasi dokter.
  3. Pembersihan Infeksi: Pembersihan abses dan daerah sekitarnya dilakukan untuk membersihkan area yang terinfeksi.
  4. Perawatan Akar: Pada kasus yang lebih serius, perawatan saluran akar (root canal) mungkin diperlukan untuk menghilangkan jaringan yang mati di dalam gigi dan mencegah infeksi yang lebih lanjut.
  5. Ekstraksi Gigi: Dalam beberapa situasi, gigi yang parah terinfeksi mungkin perlu ditarik (dicabut) untuk mencegah penyebaran infeksi ke area lain.
  6. Penghilang Nyeri: Pengobatan untuk meredakan rasa sakit mungkin diresepkan sementara untuk mengatasi ketidaknyamanan, seperti obat penghilang nyeri.

Jika Anda mengalami abses gigi, sangat penting untuk segera berkonsultasi dengan dokter gigi agar diberikan perawatan yang tepat dan terhindar dari kemungkinan komplikasi lebih lanjut. Segera dapatkan penanganan medis untuk abses gigi untuk mencegah masalah kesehatan gigi yang lebih serius.

Hubungi Kami Disini!

Instagram MHDC GROUP