fbpx

Fungsi Tooth Mousse Untuk Gigi Anak dan Cara Memakainya!

Bagikan :

Fungsi tooth mousse untuk gigi anak

Benarkah tooth mousse efektif untuk gigi anak yang berlubang?

Berdasarkan hasil riset kesehatan dasar (Riskesdas) tahun 2018 menyatakan bahwa masalah gigi terbesar di Indonesia adalah gigi rusak/berlubang/sakit dengan prevalensi sebesar 45,3%. Hal ini umumnya disebabkan oleh aktivitas metabolisme bakteri plak gigi terhadap karbohidrat yang mengakibatkan rusaknya jaringan keras gigi. Selain dengan sikat gigi yang teratur, memberikan “vitamin” tambahan pada gigi anak tidak kalah penting. Salah satunya dengan pengaplikasian tooth mousse.

Apa itu tooth mousse? 

Tooth mousse adalah krim oles untuk gigi yang memiliki kandungan kalsium fostat, yang diambil dari protein susu yang dikenal dengan nama Recaldent (Casein Phosphopeptide-Amorphous Calcium Phosphate atau disingkat menjadi CPP-ACP). Tooth mousse dapat mendorong remineralisasi email gigi karena mengandung kalsium dan fosdat yang merupakan bahan pembentuk gigi. Selain itu, tooth mousse juga baik untuk meningkatkan pH air liur dalam rongga mulut serta mencegah terjadinya demineralisasi yaitu hilangnya mineral gigi yang mengawali terbentuknya lubang pada gigi.

Tooth mousse menjadi pilihan yang tepat pada anak-anak yang sering terpapar makanan dan minuman asam atau manis. Pada usia 6-12 tahun, anak-anak memiliki campuran antara gigi susu dengan gigi dewasa, sehingga sulit untuk membersihkannya secara efektif. Bagi anak yang memiliki risiko karies tinggi bisa menggunakan tooth mousse yang memiliki kandungan fluoride, namun hanya dapat digunakan untuk usia 6 tahun ke atas.

Solusi gigi berlubang anak dengan penambalan gigi

 

Cara menggunakan tooth mousse untuk gigi anak

  1. Pastikan sudah sikat gigi terlebih dahulu
  2. Letakkan sedikit tooth mouse pada jari kering atau cotton bud
  3. Oleskan tooth mousse ke gigi, lalu ratakan dengan lidah
  4. Diamkan selama 3-5 menit
  5. Tidak makan, minum, dan berkumur selama 30 menit setelah pemakaian tooth mousse
  6. Aplikasikan 2 kali sehari, yakni pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur

fungsi dan cara menggunakan tooth mousse untuk gigi

Dapatkan tooth mousse harga spesial di MHDC Official Store 

Promo diskon GC tooth mousse

 

Itulah beberapa fungsi tooth mousse dan cara pemakaiannya sebagai salah satu cara untuk meningkatkan kesehatan gigi dan mulut, terlebih untuk gigi anak! Jika gigi anak sudah terlanjur berlubang Parents dapat melakukan tindakan penambalan gigi. Penting sekali untuk menjaga kesehatan gigi anak sejak dini sehingga memiliki senyum yang ceria! Apabila masih ada yang kurang jelas silahkan konsultasikan lebih lanjut masalah kesehatan gigi anak anda di MHDC Clinic dan Medikids Clinic terdekat yaa. Cek cabang klinik dokter gigi anak dan keluarga terdekat dari Kemang Jakarta Selatan, Green Terrace Jakarta Timur, Summarecon Bekasi, Depok, Cikupa Tangerang, BSD, Bintaro, Pondok Indah, Bukit Cimanggu Bogor, dan Dago Bandung.

 

Baru pertama kali membawa anak ke dokter gigi? coba paket My First Dental Visit!

dokter gigi anak terdekat

 

Artikel ditulis oleh : Amelia Rahayu, S.KG

Ditinjau oleh: drg. Laila Novprianti

Hubungi Kami Disini!

Instagram MHDC GROUP