fbpx

Perawatan Gigi Gigis Menggunakan Celluloid Crown

Bagikan :

Gigi depan anak gigis rusak

Gigi berlubang di bagian depan atau biasa disebut gigi gigis merupakan salah satu masalah yang paling sering ditemukan pada anak-anak. Gigi berlubang seringkali melibatkan gigi depan anak sehingga tampak gigis atau grepes. Jika dibiarkan, gigi depan yang gigis dapat menyebabkan berbagai masalah pada anak seperti rasa sakit, gangguan berbicara dan penelanan, gangguan estetika, penurunan kepercayaan diri anak, gangguan pertumbuhan gigi permanen, dan sebagainya.

 

Apa yang harus dilakukan jika gigi depan anak gigis?

Gigi depan anak gigis rusak

Gigi anak yang gigis tidak boleh dibiarkan dan harus segera dirawat, Namun, perawatan pada gigi depan anak merupakan perawatan yang termasuk rumit, karena ukuran gigi susu yang relatif kecil, besarnya ukuran pulpa gigi, masalah sikap/perilaku anak terhadap perawatan gigi, dan sebagainya. Gigi depan yang berlubang dapat ditambal dengan menggunakan bahan tambal sewarna gigi. Namun, jika gigi depan sudah tampak gigis, gigi harus dirawat dengan menggunakan celluloid crown.

 

Perawatan celluloid crown pada gigi gigis

Celluloid crown merupakan teknik restorasi gigi anak, dimana gigi ditambal menggunakan bahan tambal sewarna gigi (seperti resin komposit), dengan bantuan selubung berbahan seluloid. Perawatan celulloid crown dapat dilakukan pada kasus gigi depan yang gigis, dimana lubang melibatkan beberapa permukaan gigi, lubang melibatkan tepi gigi, terdapat lubang besar pada leher gigi, serta gigi yang membutuhkan perawatan saluran akar, jika struktur gigi yang tersisa masih cukup. Teknik ini akan menghasilkan tambalan gigi yang estetis, cukup kuat, dan mudah diperbaiki jika terjadi kerusakan. Namun, perawatan ini termasuk rumit dan membutuhkan waktu yang cukup lama sehingga tidak bisa dilakukan jika anak tidak kooperatif.

Perawatan gigi depan gigis

 

Prosedur perawatan celluloid crown

Meskipun rumit, perawatan celluloid crown ini umumnya dapat diselesaikan dalam satu kunjungan. Secara garis besar, berikut adalah prosedur perawatan celluloid crown pada gigi depan anak yang gigis.

Perawatan Celluloid Crown untuk gigi gigis

  1. Sebelum memulai perawatan, dokter gigi akan melakukan pemeriksaan klinis (dan radiografis jika diperlukan) pada gigi gigis yang akan dirawat
  2. Gigi depan anak yang gigis dibersihkan dengan membuang bagian gigi yang sudah rusak karena lubang
  3. Dokter gigi akan memilih selubung celluloid crown dengan ukuran yang sesuai, dan melakukan penyesuaian-penyesuaian hingga celluloid crown sudah pas dengan gigi yang akan dirawat
  4. Celulloid crown akan diisi dengan bahan tambal sewarna gigi, kemudian diposisikan dengan hati-hati pada gigi, lalu disinar hingga mengeras sempurna
  5. Terakhir, dokter gigi akan melakukan penyesuaian dan pemolesan pada tambalan

 

Perawatan celluloid crown ini memiliki tingkat keberhasilan yang cukup tinggi. Namun, keberhasilan tentu juga dipengaruhi oleh kerjasama dari anak dan orang tua. Setelah perawatan, orang tua dan anak tetap harus menjaga kebersihan rongga mulut dengan baik, dengan menyikat gigi secara teratur, menghindari makanan yang manis dan lengket, serta control rutin ke dokter gigi. 

Gigi yang berlubang dapat segera ditambal agar kesehatan dan perkembangannya tidak terganggu. Pastikan membawa anak ke dokter gigi yang sudah berpengalaman menangani pasien anak dan klinik giginya terjamin aman dan nyaman. Jika Parents merasa anak membutuhkan perawatan gigi, segera kunjungi klinik Medikids  dan MHDC terdekat anda ya moms.

Cek cabang klinik dokter gigi anak dan keluarga terdekat dari Kemang Jakarta Selatan, Green Terrace Jakarta Timur, Summarecon Bekasi, Depok, Cikupa Tangerang, BSD, Bintaro, Pondok Indah, Bukit Cimanggu Bogor, dan Dago Bandung. Kami akan selalu siap memberikan perawatan yang terbaik untuk keluarga anda.

Baru pertama kali membawa anak ke dokter gigi? coba paket My First Dental Visit!

dokter gigi anak terdekat

 

Artikel ditulis oleh: drg. Jacky Wijaya

REFERENSI

  1. Souza, MIAV, Cavalheiro JP, Bussaneli DG, Jeremias F, Zuanon ACC. Aesthetic rehabilitation with strip crowns in Pediatric Dentistry: a case report. Rev. CES Odont. 2018; 31(2): 66-75
  2. American Academy of Pediatric Dentistry. Pediatric restorative dentistry. The Reference Manual of Pediatric Dentistry. Chicago, III.: American Academy of Pediatric Dentistry; 2022:401-14.
  3. Dean JA. Dentistry for the Child and Adolescent 11th ed. St. Louis: Elsevier; 2022. P237-239
  4.  Kupietzky A. Bonded resin composite strip crowns for primary incisors: clinical tips for a successful outcome. Pediatr Dent. 3003; 24(2):145-148
Hubungi Kami Disini!

Instagram MHDC GROUP