fbpx

Rontgen Gigi Untuk Si Kecil? Pentingnya Deteksi Dini Kesehatan Gigi Anak!

Bagikan :

Hasil rontgen gigi bungsu yang tumbuh miring terpendam

Rontgen gigi, juga dikenal sebagai sinar-X gigi atau radiografi gigi, adalah teknik medis yang digunakan untuk menghasilkan gambaran dari struktur gigi, akar gigi, dan jaringan sekitarnya. Teknik ini menggunakan sinar-X, yaitu jenis radiasi elektromagnetik dengan energi tinggi yang dapat menembus jaringan tubuh dan diabsorbsi oleh struktur gigi dengan intensitas yang berbeda.

 

“Apakah rontgen gigi aman untuk Si Kecil?”

 

Menurut Mouth Healthy oleh American Dental Association, rontgen gigi dengan sinar-X adalah prosedur yang aman. Prosedur tersebut akan memaparkan anak dengan tingkat radiasi yang rendah, sehingga kemungkinan mengalami efek yang berbahaya juga rendah. Selain itu, dokter gigi mengikuti panduan rontgen pediatrik dari Food and Drug Administration yang merekomendasikan agar pemeriksaan medis dengan sinar-X dioptimalkan dengan menggunakan dosis terendah yang dibutuhkan. Alat dan teknik rontgen gigi dirancang untuk membatasi paparan tubuh terhadap radiasi dan setiap tindakan pencegahan dilakukan untuk memastikan bahwa paparan radiasi adalah As Low As Reasonable Achievable (prinsip ALARA). Selain itu, apron bertimbal dan/atau kerah tiroid bertimbal dapat digunakan untuk melindungi perut dan tiroid.

 

Kapan Anak Membutuhkan Pemeriksaan dengan Rontgen Gigi?

Anak-anak juga dapat mengalami masalah gigi dan mulut yang tidak terlihat secara visual. Rontgen gigi memungkinkan dokter gigi untuk mendeteksi masalah seperti gigi berlubang di daerah yang sulit dijangkau atau pertumbuhan gigi yang tidak normal. Deteksi sedini mungkin pada anak terkait kesehatan gigi penting dilakukan sehingga dapat dilakukan perawatan untuk mencegah kerusakan gigi yang lebih parah di kemudian hari.

 

Berikut beberapa tujuan dilakukannya rontgen gigi pada anak:

  1. Untuk mengetahui apakah terdapat ruang yang cukup pada rongga mulut untuk seluruh gigi yang akan tumbuh
  2. Untuk menentukan dan melihat periode kehilangan gigi susu yang akan digantikan oleh gigi permanen
  3. Untuk memeriksa perkembangan awal gigi bungsu atau gigi impaksi (gigi yang tidak dapat keluar dari gusi)
  4. Untuk mendeteksi gigi berlubang yang tidak terlihat secara klinis
  5. Untuk melihat apakah ada kelainan perkembangan seperti kista atau tumor
  6. Untuk melihat pertumbuhan dan perkembangan gigi serta tulang rahang secara keseluruhan 

 

Secara keseluruhan, rontgen gigi pada anak-anak dapat memberikan informasi penting bagi dokter gigi untuk merencanakan perawatan yang tepat dan memastikan kesehatan gigi dan mulut anak-anak dengan cermat. Namun, orang tua tetap perlu terlibat dalam keputusan untuk melakukan rontgen gigi pada anak-anak. Dokter gigi akan menjelaskan manfaat, risiko, dan alasan di balik rekomendasi dilakukannya rontgen gigi.

Nah, itu tadi sedikit informasi mengenai pentingnya melakukan rontgen gigi pada anak untuk deteksi dini kesehatan gigi anak. Apabila masih ada yang kurang jelas dan ingin ditanyakan, silahkan konsultasikan lebih lanjut masalah kesehatan gigi di MHDC Clinic dan Medikids Clinic terdekat. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Hubungi Kami Disini!

Instagram MHDC GROUP