fbpx

Gigi Susu Anak Berlubang, Harus Ditambal atau Tunggu Ganti?

Bagikan :

Gigi Susu Anak Berlubang

“Gigi susu anak berlubang, apa perlu ditambal? nanti kan juga akan diganti”

Gigi susu anak merupakan gigi yang sama pentingnya dengan gigi permanen. Peran gigi susu bagi anak sangat penting, seperti mendukung fungsi pengunyahan dan proses perkembangan bicaranya, menjaga ruang untuk tumbuhnya gigi permanen, serta menjaga agar anak tetap percaya diri dalam bersosialisasi.

 

Gigi Anak Berlubang, Apakah Perlu Ditambal?

Melihat peran gigi susu yang sangat penting untuk kesehatan dan perkembangan anak, maka dari itu, jika gigi susu anak berlubang tetap harus ditambal. Apabila gigi berlubang dan dibiarkan terus menerus, maka akan muncul beberapa hal yang tidak baik bagi anak, seperti beberapa masalah di bawah ini.

Cari tahu tentang tindakan tambal gigi susu anak

 

Bahaya Gigi Susu Anak yang Dibiarkan Berlubang

Menimbulkan Masalah Gigi Lainnya

Bahaya gigi susu anak berlubang

Gigi berlubang yang tidak dirawat akan semakin meluas hingga mencapai ruang saraf gigi. Akibatnya, timbul rasa nyeri sehingga anak jadi menolak untuk makan dan aktivitas lainnya terganggu. 

Pembengkakan dan Infeksi Pada Tubuh

Pentingnya menambal gigi

Jika gigi susu anak berlubang sampai saraf dan dibiarkan terus menerus maka bisa menyebabkan pembengkakan pada gusi akibat akumulasi bakteri pada gigi. Jika kesehatan anak sedang menurun, maka pembengkakan sewaktu-waktu dapat meluas dan dapat membahayakan nyawa anak.

Cari tahu tentang tindakan tambal gigi susu anak

Kerusakan Susunan Gigi

Gigi susu anak berlubang

Akumulasi plak gigi dan sisa makanan di satu gigi yang dibiarkan berlubang dapat menyebabkan gigi samping-sampingnya juga ikut berlubang. Habisnya struktur gigi akibat gigi berlubang yang tidak dirawat, sehingga gigi harus dibuang dan kehilangan gigi sulung sebelum waktunya. Fungsi gigi sulung sebagai penjaga ruangan untuk gigi permanen penggantinya hilang sehingga gigi permanen penggantinya cenderung untuk tumbuh berantakan. Resiko gigi permanen penggantinya mengalami kelainan struktur karena infeksi bakteri gigi susu sebelumnya.

Gangguan Asupan Nutrisi

Bahaya gigi anak berlubang

Jika gigi susu berlubang sampai mahkota gigi (bagian yang di atas gusi) habis dapat menyebabkan penurunan efektivitas pengunyahan. Hal ini dapat berakibat pada jumlah nutrisi yang masuk ke dalam tubuh anak. Jika gigi depan yang terlibat, maka proses belajar bicara juga bisa terganggu.

Menurunkan Kepercayaan Diri

Tambal gigi anak

Gigi yang banyak berlubang dapat mempengaruhi kepercayaan diri dalam bersosialisasi. Anak cenderung minder karena merasa penampilannya kurang menarik.

 

Perawatan Gigi Berlubang

Jadi, ada banyak pengaruh dari gigi yang berlubang pada kesehatan dan perkembangan anak kan Moms? Maka dari itu, sebisa mungkin kita harus membantu anak merawat giginya ya moms!

Promo diskon tindakan gigi anak dan dewasa

Cari tahu tentang tindakan tambal gigi susu anak

Gigi yang berlubang dapat segera ditambal agar kesehatan dan perkembangannya tidak terganggu. Pastikan membawa anak ke dokter gigi yang sudah berpengalaman menangani pasien anak dan klinik giginya terjamin aman dan nyaman. Jika moms merasa anak membutuhkan perawatan gigi, segera kunjungi klinik Medikids terdekat anda ya moms. Kami akan selalu siap memberikan perawatan yang terbaik untuk keluarga anda. 

Jangan biarkan gigi anak rusak, dapatkan perawatan gigi yang menyenangkan untuk anak di Paket Bebas Karies Gigi

 

Hubungi Kami Disini!

Instagram MHDC GROUP