fbpx

Scaling Gigi Adalah : Pengertian, Manfaat dan Prosedurnya!

Bagikan :

scaling gigi adalah

Kesehatan gigi dan gusi merupakan hal yang penting dalam menjaga kesejahteraan mulut secara keseluruhan. Salah satu perawatan yang sering direkomendasikan oleh dokter gigi adalah scaling gigi. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan secara rinci tentang scaling gigi, manfaatnya, prosedur yang terlibat, dan pentingnya menjalani perawatan ini secara teratur. Mari kita mulai mengeksplorasi lebih lanjut tentang scaling gigi!

Apa Itu Scaling Gigi?

Scaling gigi adalah prosedur pembersihan yang dilakukan oleh dokter gigi atau ahli kebersihan gigi profesional. Tujuan utama dari scaling gigi adalah menghilangkan plak, tartar, dan kotoran lainnya yang menumpuk pada permukaan gigi dan di sekitar garis gusi. Scaling gigi membantu menjaga kesehatan gusi, mencegah penyakit periodontal, dan memperbaiki kesehatan mulut secara keseluruhan.

Manfaat Scaling Gigi

Scaling gigi memberikan sejumlah manfaat yang signifikan, antara lain:

1. Menghilangkan Plak dan Tartar

Scaling gigi membantu menghilangkan plak dan tartar yang menumpuk pada gigi. Plak adalah lapisan lengket yang terdiri dari bakteri dan sisa makanan yang dapat menyebabkan pembentukan karies gigi dan peradangan gusi. Tartar adalah plak yang telah mengeras dan hanya dapat dihapus dengan prosedur scaling gigi.

2. Mencegah Penyakit Gusi

Scaling gigi membantu mencegah penyakit gusi, seperti gingivitis dan periodontitis. Dengan menghilangkan plak dan tartar yang menjadi penyebab utama penyakit gusi, scaling gigi membantu menjaga kesehatan gusi dan mencegah perkembangan masalah yang lebih serius.

3. Meningkatkan Kesehatan Mulut secara Keseluruhan

Scaling gigi membantu menjaga kesehatan gigi dan gusi secara keseluruhan. Dengan menghilangkan bakteri dan kotoran dari permukaan gigi, prosedur ini dapat mencegah masalah gigi dan menyediakan lingkungan mulut yang sehat.

Prosedur Scaling Gigi

Prosedur scaling gigi melibatkan beberapa langkah, antara lain:

1. Pemeriksaan Awal

Dokter gigi akan melakukan pemeriksaan awal untuk mengevaluasi kondisi gigi dan gusi Anda sebelum prosedur scaling gigi dilakukan.

2. Scaling Gigi

Dokter gigi atau ahli kebersihan gigi profesional akan menggunakan alat khusus, seperti scaler ultrasonik atau scaler tangan, untuk menghilangkan plak dan tartar yang menumpuk pada gigi dan di sekitar garis gusi.

3. Penyikatan Gigi

Setelah scaling gigi selesai, dokter gigi akan menyikat gigi Anda menggunakan pasta khusus untuk membersihkan gigi secara menyeluruh dan memberikan rasa segar pada mulut.

4. Pembilasan Mulut

Dokter gigi akan meminta Anda untuk berkumur menggunakan cairan pembilasan mulut untuk membilas sisa-sisa plak dan tartar yang telah terangkat selama prosedur scaling gigi.

 

Frekuensi dan Pentingnya Scaling Gigi Secara Teratur

Scaling gigi direkomendasikan dilakukan secara teratur, biasanya setiap 6 bulan atau sesuai saran dokter gigi. Penting untuk menjalani scaling gigi secara teratur untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi Anda. Meskipun rutin menjaga kebersihan gigi dengan menyikat dan menggunakan benang gigi penting, scaling gigi akan membantu menghilangkan plak dan tartar yang tidak dapat dijangkau oleh rutinitas harian perawatan gigi.

Scaling gigi merupakan prosedur penting untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi. Dengan menghilangkan plak, tartar, dan kotoran lainnya, scaling gigi membantu mencegah penyakit gusi, meningkatkan kesehatan mulut secara keseluruhan, dan mencegah masalah gigi yang lebih serius. Penting untuk menjalani scaling gigi secara teratur sesuai saran dokter gigi untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi Anda. Jaga kebersihan mulut Anda dan jadwalkan kunjungan rutin ke klinik scaling gigi untuk memastikan senyuman yang sehat dan indah.

Hubungi Kami Disini!

Instagram MHDC GROUP